Pilih Laman

Kanker lidah adalah salah satu jenis kanker yang jarang dibahas dan diketahui oleh banyak orang. Meski hingga saat ini kanker lidah masih jarang terjadi dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, namun sebaiknya jangan remehkan gejala awal munculnya kanker lidah.

Terlebih lagi, gejala awal munculnya kanker lidah hampir menyerupai sariawan pada lidah. Pertama-tama akan muncul bercak putih yang terasa sakit pada lidah. Ini sama persis seperti ketika kalian sedang mengalami sariawan. Terkadang bercak ini tidak berwarna putih, melainkan merah.

Jika kalian mendapati sariawan di lidah yang tak sembuh dalam kurun waktu dua minggu, sebaiknya segera periksakan diri dan waspada. Bisa jadi, itu adalah gejala awal kanker lidah.

Bagian tengah dari bercak berwarna putih atau merah ini biasanya lunak dan mudah berdarah. Biasanya pendarahan terjadi karena adanya tekanan yang terlalu besar pada bagian yang terkena kanker saat makan, mengunyah, minum, atau menelan makanan. Inilah yang membedakan sariawan dengan gejala awal kanker lidah.

Lama kelamaan lidah dan mulut mengalami mati rasa. Terjadi perubahan pada suara, lidah menjadi sulit bergerak, dan pasien terkadang juga mengalami kesulitan membuka mulut.

Bawang hitam, rempah alami pencegah infeksi
Ucek Mata Picu Erosi Kornea