Pilih Laman

Setiap orang mengucek mata secara refleks ketika mata terasa gatal atau ada benda yang mengganggu indra penglihat tersebut.Bila rasa gatal masih ada, yang dilakukan bukan berhenti mengucek malah mengucek mata lebih keras. “Jangan biasakan mengucek mata lebih mata.Sebab tindakan itu bias berdampak pada kesehatan organ pengelihatan tersebut”, kata dr Armanto Sidohutomo SpM(K). Dokter spesialis mata dari RS Mata Undaan tersebut menyebut, mengucek mata bias mengakibatkan lecet dan erosi pada epitel konjungtiva serta kornea (permukaan mata).

Bila gesekan terlalu kasar dan berkali-kali, kornea mata bisa tergores .Kondisi tersebut rawan berkelanjutan terjadi infeksi.” Bila lecetnya kecil tidak masalah bisa diobati dalam waktu 1×24 jam,” paparnya.

Bahaya selanjutnya, pembengkakan disekitar area kelenjar air mata.Bila dibiarkan saluran kelenjar air mata bisa buntu.Dalam kondisi buntu, air mata tidak bisa terbuang.Dampaknya, pasien mengeluh air mata selalu keluar.Hal tersebut diikuti keluarnya kotoran mata secara berulang.”Bahkan bila saluran air mata buntu total harus dilakukan operasi untuk pembuatan saluran air mata yang baru dari hidung ke tenggorokan,” jelas Armanto.

Selain itu dampak sering mengucek mata adalah konjungtivitis.Armanto mengatakan,saat ii banyak sekali pasien yang menderita konjungtivitis. “Salah satuya yaitu kebiasaan mengucek mata tadi,”terangnya.Sebab,tangan yang digunakan untuk mengucek mata tadi belum tentu bebas dari penyakit.

Artinya,ketika mengucek mata,tangan tidak steril.Nah,ketika tangan mengucek mata,terjadi perpindahan kuman dari tangan ke mata. “Siapa yang tahu tagan habis makan atau memegang benda yang ternyata menjadi media penularan penyakit,” ujar alumnus FK Unair itu.

Konjungtivitas biasanya disebabkan virus dan bakteri,mata terasa lengket karena penuh kotoran ketika bangun pagi.”Bakteri juga menjadi penyebab mata merah meradang ,berdenyut denyut,gatal,seolah olah berpasir,dan keluar air mata,”tuturnya.Dia mengatakan,penyakit tersebut cepat menular.Untuk itu pasien diminta menjaga kebersihan diri dan sering mencuci tangan dengan sabun. “Yang penting jangan memegang mata dengan jari tangan, bila perlu diberi pengobatan antibiotic” terang Armanto.

 36 total views,  2 views today

Siasat Tepat Merawat Power Steering