Pilih Laman

Jakarta – Hidayat Nur Wahid tengah berupaya menjadi Gubernur DKI Jakarta. Apa triknya mengatasi kemacetan yang menggila di Jakarta?

“Ada 800 ribu kendaraan masuk ke kota Jakarta. Oleh sebab itu salah satu solusi kemacetan dengan membangun tempat parkir di pinggiran Jakarta. Sehingga mereka bisa menaruh kendaraan mereka dan bisa ke Jakarta menggunakan transportasi massal yang cepat seperti TransJakarta,” ucapnya di kantor detikcom Jumat 20 April lalu.

Dari tempat para komuter memarkirkan mobil inilah, akan dibangun jalur busway.

“Nanti akan dibuat jalur busway dari tempat mereka menaruh kendaraan mereka, dan akan menambah armada agar paradigma bahwa TransJakarta akan terus hadir di jam padat dan kosong. Kalau setengahnya saja bisa dikurangi tentu itu bisa mengurangi kemacetan,” tambahnya.

Menurut Hidayat, cara lain mengatasi kemacetan lalu lintas adalah dengan penataan lampu merah.

“Banyak cara yang bisa mengatasi kemacetan. Salah satunya, dengan membuat jarak antara satu lampu merah satu dengan lainnya terlalu dekat yang bisa mengakibatkan kemacetan,” ujarnya.

Selain itu mantan Ketua MPR RI ini juga menilai dengan memperbanyak jalan layang atau flyover bisa mengurangi kemacetan di lampu merah.

“Selain itu, banyak badan jalan digunakan untuk mengetem (menunggu penumpang). Ini diperlukan ketegasan dari Dinas Perhubungan kita dan mendisiplikan para sopir di perempatan jalan atau pinggiran jalan di Jakarta,” ujar Hidayat yang saat ini tampil mengenakan batik bergambar Monas.

Anda memiliki foto-foto seputar dunia otomotif dan foto di jalanan yang menarik dan lucu? Kirim ke sini

( ddn / ddn )
Redaksi: redaksi

Harley Owners Group Tebarkan Virus Safety Riding
Suzuki Luncurkan MPV Ertiga