Pilih Laman

Magetan-

Sadikun Kuncoro (87) warga Desa Sempol, Kecamatan Maospati, tampak sumringah ketika rombongan Bupati Magetan, Suprawoto, menyambangi rumahnya, Sabtu (26/1).

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Magetan tersebut sebagai tanda, dimulainya rehab total rumah miliknya yang nyaris ambruk. ” Matursuwun pak Bupati, matursuwun,” ujar kakek yang hidup sebatang kara tersebut.

Dibalik tubuh bungkuknya yang dimakan usia, Mbah Sadikun begitu sapaannya, terlihat tidak kuasa menahan rasa haru bercampur bahagia melihat ratusan orang membongkar rumahnya  untuk didirikan rumah baru yang layak dihuni.

Entah disadari atau tidak, kakek Sadikun berjoget kegirangan dihadapan Bupati Suprawoto, sambil berulang kali berucap syukur atas perbaikan rumahnya yang berukuran 6X9 meter persegi tersebut.

Pantauan Koran Memo, Bupati Suprawoto memantau langsung pembongkaran rumah Sadikun Kuncoro. Bupati juga membaur dengan puluhan relawan yang bergotong royong bersama warga desa Sempol yang dibantu TNI AD, TNI AU, Polri, BPBD serta Tagana Magetan.

Dihadapan wartawan, Bupati Suprawoto, berterima kasih kepedulian seluruh warga Kabupaten Magetan dengan kondisi Sadikun Kuncoro. Melalui media sosial (Medsos) dan Media Mainstream, Pemkab Magetan dapat mengetahui kondisi mbah Sadikun.” Terima kasih seluruh masyarakat, mulai nitizen serta rekan – rekan media mainstream, hingga kabar mbah Sadikun Kuncoro sampai ke Pemkab Magetan, dan hari ini kita perbaiki rumah mbah Sadikun agar layak,” ungkap Bupati Suprawoto, Sabtu (26/1).

Dikatakan Bupati, Pemkab Magetan telah mengantongi data 7 ribu Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH) yang akan direhab secara berkala oleh Pemkab Magetan. ” Data kami ada tujuh ribu RTLH di Kabupaten Magetan, kita targetkan per tahun seribu rumah yang tidak layak kita perbaiki,” ujar Suprawoto.

Kepedulian Bupati Magetan, Suprawoto, kepada rakyat Magetan sangat besar. Sejumlah kebijakan telah dilaksanakan baik secara Dinas maupun pribadi oleh Bupati. ” Kepedulian bapak Bupati kepada masyarakat sangat besar. Reaksi cepat dilakukan beliau baik secara kedinasan maupun pribadi kepada warga yang sangat membutuhkan perhatian,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol PemKab Magetan, Wahyu Saptawati Budi Utami melalui Eko Budiono, Kasubag Pemberitaan, Minggu (27/1).

Peran masyarakat melalui media sosial juga terus dipantau oleh Bupati Magetan, sebagai sarana melihat Kabupaten Magetan dari jagad dunia maya.” Bapak juga memantau Medsos, khususnya yang terjadi di Kabupaten Magetan,” ungkap Eko Budiono.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Magetan, Suwoto, mengaku jika rehabilitasi RTLH merupakan salah satu program Pemkab Magetan dibawah kendali Suprawoto- Nanik Sumantri (ProNa).

” Bapak Bupati Suprawoto memiliki target 1.000 unit RTLH dapat diperbaiki per tahun. Dengan jumlah RTLH di Kabupaten Magetan mencapai 7.000 unit, Pemkab Magetan akan memilah RTLH yang akan masuk prioritas perbaikan mendesak, contohnya rumah Mbah Sadikun Kuncoro yang nyaris roboh,” pungkasnya.

Norik CBS

Gagas Agrowisata Kebun Sayur, Pemkab Kucur Dinas TPHP-KP  Rp 1,2 Miliar.
Pejabat Pemkab "Malas" Lapor Kekayaan?