Pilih Laman

Suzuki Lahirkan Lawan Avanza-Xenia

Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya resmi meluncurkan MPV Ertiga di pasar otomotif tanah air. Penantian masyarakat Indonesia atas MPV pesaing Avanza-Xenia pun akhirnya berakhir.

Suzuki menghadirkan 3 varian bensin sekaligus untuk masyarakat Indonesia dengan harga mulai dari Rp 143 juta (Ertiga GA), Rp 153 juta (Ertiga GL), dan Rp 165 juta (tipe tertinggi Ertiga GX).

“Ya benar, harganya segitu,” ungkap Direktur Sales dan Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Endro Nugroho di Hotel Gran Melia, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Minggu (22/4/2012).

MPV Ertiga memiliki dimensi PxLxT (4.265 mmx1.695 mmx1.685 mm). Jarak poros road 2.740 mm, dan jarak terendah 185 mm. Selain itu MPV Ertiga memiliki 5,2 meter.

Suzuki Ertiga yang memilki panjang bodi melebihi Avanza itu dilengkapi mesin bensin K14B 4 silinder 1.373 cc DOHC 16 katup Variable Valve Timing (VVT) yang menggerakan roda depan. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi 5 percepetan manual.

Mesinnya diklaim dapat menyemburkan tenaga 95 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 130 Nm pada 4.000 RPM. Selain itu mesin tersebut diakui sesaui dengan standar euro-3. Distribusi bahan bakar menggunakan Multi Point Injection.

Teknologi cerdas lainnya yakni drive-by-wire yang didukung dengan Electronic Control Module (ECM). Suzuki Ertiga berkarakter MPV tapi diklaim senyaman sedan berkat menggunakan platform Suzuki New Swift dengan casis monoque.

Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang model Torsion Beam with Coil Spring. Kombinasi tersebut diklaim terbaik dikelasnya.

Ertiga dilengkapi dengan pelek alloy ring 15 yang dibalut dengan ban 185/65 serta sistem pengeremannya dilengkapi ventilated disc (depan) dan tromol di ban belakang. MPV Ertiga sudah dilengkapi dengan ABS & EBD (untuk tipe GX). Fitur power window juga sudah teraplikasi untuk Ertiga GX.

Di bagian interior lainnya, Ertiga sudah menggunakan SRS airbag untuk varian tertinggi Ertiga GX. Dan untuk keamanan, Suzuki juga telah membenamkan side impact beam (untuk menahan benturan samping). Selain itu juga tersemat steering wheel with audio switch control untuk memudahkan pengendara dalam memilih lagu (tipe Ertiga GX).

Kemudinya dilengkapi dengan electronic power steering, tilt steering (tipe GX). Dan audionya sudah menggunakan 2 din yang dilengkapi cd player yang dapat dihubungkan dengan MP3, USB, Aux-in, iPod serta 4 speaker (GX&GL) dan 2 tweeter (tipe GX).

MPV Ertiga tersedia 8 pilihan warna yakni dusky brown, serena blue, pearl white, cool black, silky silver, graphite grey, radiant red, dan burgundy red.

Anda memiliki foto-foto seputar dunia otomotif dan foto di jalanan yang menarik dan lucu? Kirim ke sini

( ikh / ddn )
Redaksi: redaksi

Trik Atasi Macet Hidayat Nur Wahid
BBM Dibatasi, Konsumen Bisa Batal Beli Avanza