Pilih Laman

Kenyamanan berkendara dalam mobil dapat ditentukan oleh dua hal yaitu kondisi mobil yang baik dan kemampuan mengemudi.Agar kondisi mobil tetap baik,tentu diperlukan perawatan secara berkala.Salah satu bagian mobil yang perlu anda rawat adalah bagian Power Steering.

Power Steering adalah bagian mobil yang akan membantu mempermudah pengemudi memutar roda kemudi.Ada dua jenis Power Steering yaitu sistem fluida dan system elektrik.Sistem fluida menggunakan minyak power steering untuk meggerakkan steering box.Sementara sistem elektrik  menggunakan motor untuk menggerakkan steering box.

Melalui power steering anda dapat mengendalikan mobil secara lebih mudah,menyenangkan dan tidak membuat otot mudah pegal.Oleh sebab iyu,agar alat ini tetap berfungsi optimal,berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda perhatikan.Terutama untuk power steering dengan system fluida karena system elektrik dirancang untuk penggunaan jangka panjang yang praktis tidak memerlukan perawatan rutin.

Pertama,anda sebaiknya mengganti minyak power steering setelah 30.000 km atau satu tahun.Sebaiknya penggantian atau penambahan minyak power steering harus sesuai dengan buku manual produsen mobil.

Kedus,jangan lupa memeriksa kondisi minyak powe steering secara berkala.Pada umumnya minyak power steering yang kondisinya bagus sudah berwarna merah.Oleh sebab itu,jika anda mendapati minyak power steering berubah warna menjadi hitam itu tandanya minyak power steering sudah tidak bagus dan harus diganti.Agar penggantian minyak power steering tepat,sebaiknya anda melakukannya di bengkel dengan teknisi yang terlatih.

Ketiga,perhatikan volume minyak power steering.Jika kondisinya tidak  menyentuh permukaan minyak,berarti kapasitas minyak power steering sudah dibawah minus.Dalam kondisi seperti ini,sebaiknya anda tidak menggunakan perangkat yang satu ini.Karena dikhawatirkan dapat merusak keal dan komponen lain.Jika itu terjadi dapat dipastikan biaya perbaikannya sangatlah mahal.Untuk mencegah hal tersebut,sebaiknya anda membawa mobil ke bengkel untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran.

Keempat,pada saat service rutin mintalah mekanik untuk mengecek kondisi drive belt  (belt penggerak pompa power steering yang berasal dari mesin).Sebab,jika belt ini putus,anda dapat mengendalikan mobil tetapi dibutuhkan tenaga ekstra karena power steering tidak berfungsi.

 33 total views,  1 views today

Ucek Mata Picu Erosi Kornea
Jatim KIP Run 2019