Pilih Laman

Metrotvnews.com: Dinosaurus dikenal sebagai binatang berukuran besar yang berjalan di bumi. Namun ternyata, ada satu kelompok yang otaknya hanya sebesar bola tenis. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Plos One edisi 23 Januari 2013.

Peneliti mendapat temuan itu setelah menganalisis tengkorak fosil dinosaurus jenis Ampelosaurus dengan alat pemindai tiga dimensi. Fosil binatang purba berusia 70 tahun itu ditemukan di Cuenca, Spanyol, pada 2007.

“Panjangnya mungkin lebih 15 meter berikut pula dengan lehernya. Namun ukuran otaknya tak lebih dari 8 centimeter,” kata peneliti Fabien Knoll, ahli paleontologi di National Museum of Natural Sciences Spanyol.

Dinosaurus bernama Sauropod herbivora itu muncul pertama kali sekitar 160 juta tahun silam. Namun peneliti tak menemukan otaknya berkembang seiring waktu.

“Kami tidak melihat banyak pembesaran otak pada jenis binatang ini sepanjang waktu, tidak seperti kelompok mamalia dan burung, yang ukuran otaknya cenderung meningkat bersama berjalannya waktu,” kata peneliti Lawrence Witmer, ahli anatomi dan paleontologi di Ohio University.(Ant/RRN)

10 Alasan Mengapa Desktop PC Belum Punah
Ditemukan Unsur Es di Bulan Milik Saturnus