Pilih Laman

Magetan-CBS
Mulai Oktober mendatang, Keluarga Miskin (Gakin) di Kabupaten Magetan akan menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Pemerintah pusat. Bantuan berupa uang itu sebagai pengganti jatah beras sejahtera (Rastra) atau akrab disebut Raskin yang diterima setiap bulan.
Melalui kartu BPNT setiap Gakin akan ditransfer Rp 110.000,- per bulan oleh Pemerintah. “  Jatah Rastra akan diganti uang yang akan ditransfer melalui rekening masing-masing penerima,” kata Sucipto, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Selasa (14/8).
Diungkapkan Sucipto, bantuan yang telah masuk ke rekening masing – masing penerima, wajib dibelanjakan berupa beras atau telor, disejumlah agen elektronik- Warung (e-Warung) yang ditunjuk. ” Kalau tidak diambil uang akan kembali ke Kas Negara, bantuan akan ditransfer setiap tanggal 5, dan wajib dibelanjakan sebelum tanggal 25 setiap bulan,” jelas Plt Kadinsos Magetan.
Distribusi kartu BPNT akan diberikan kepada Gakin sebelum pelaksanaan Oktober mendatang. ” Nanti distribusi bersama BNI 46 serta Dinas Sosial Kabupaten Magetan, ” ungkap Sucipto.
Disisi lain, Sucipto menegaskan, Gakin tidak boleh dipaksa menukarkan BPNT disalah satu e-Warung. ” Gakin bebas  belanja dimana saja, tidak boleh dipaksa,” tegasnya.
Sebagai informasi, data di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Magetan, jumlah penerima BPNT sebanyak  45.813 Gakin. Angka ini naik 202 Gakin jika dibanding penerima Rastra sebanyak 45.611 Gakin. ” Penerima BPNT naik menjadi 45.813, karena ada penambahan dari data penerima Rastra 45.611,” ujar Ari Wijayanti, Kasi Penanganan Fakir Miskin, Dinsos Magetan.

Norik – Bagaskarafm Magetan

Jembatan Banjar Panjang Dikucuri Rp 2,3 Miliar.
Selusin Lebih Jabatan Kepala Dinas Kosong.