Pilih Laman

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto(VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)Jakarta, (tvOne).

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto memesan satu mobil “Esemka” kepada Wali Kota Surakarta Joko Widodo via layanan pesan singkat (SMS) pada Sabtu, (25/2) sore.

“Jam tiga tadi saya mendapatkan SMS dari Menteri PU mengatakan beliau ingin memesan mobil Esemka untuk dipakai rapat. Beliau ingin agar mobil segera dikirim ke Jakarta begitu produksi mulai dilakukan,” kata Joko Widodo.

Jokowi mengatakan bahwa pemesanan dari salah satu menteri tersebut merupakan bukti dukungan pemerintah kepada kehadiran mobil buatan anak negeri.

Mobil Esemka akan menjalani uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Serpong, Tanggerang Selatan, awal pekan depan.

Jokowi menyatakan dirinya yakin mobil Esemka akan lulus uji emisi tersebut karena mobil telah berkali-kali diuji coba. “Saya optimis mobil ini bisa lolos uji emisi karena nyatanya sampai Jakarta mobil baik-baik saja dan tidak ada kendala,” kata dia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Roy Suryo yang menjadi supir mobil Esemka dalam perjalanan dari Solo menuju Jakarta. “Saya menyupir bergantian dengan Wakil Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo. Semuanya berjalan lancar, bahkan di tol Semarang, saya bisa menggeber mobil ini lebih dari 125 km per jam. Dan, mobil tetap stabil, tidak ‘ngleyang’,” kata Roy.

Jalan yang dilalui Roy, antara lain Alas Roban, Kendal, ringroad Salatiga. (Ant)

3854

Anak Sapi Persilangan Sapi & Banteng Lahir di Taman Safari Prigen
BPPT: Uji Emisi Mobil Esemka Tak Ada Masalah