Pilih Laman

Magetan. Berbicara tentang Batik, Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa Batik di buat di kota kota besar seperti Solo,Pekalongan,Jogjakarta. Tetapi jika kita amati lebih jauh setiap daerah kabupaten maupun kota pasti mempunyai motif batik yang menjadi unggulan dan bisa dijadikan sebagai gambaran ciri khas masing-masing daerah tersebut. misalnya Batik Madiun dengan motif pecelnya, Batik Gresik dengan rusa Bawean atau Batik Lamongan yang mengangkat tema ikan bandeng dan lele.Begitu juga dengan Kabupaten Magetan juga mempunyai Batik khas sendiri.Motif yang menjadi Keunggulan Dari batik Magetan ini adalah Motif Pring (Bambu) atau biasa di kenal dengan sebutan Pring Sedapur.

Kegiatan membatik di magetan ini berasal dari Dusun Papringan Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan.Dan alasan mengangkat tema Pring Sedapur dengan alasan ditempat tersebut terdapat banyak sekali tumbuhan Bambu.

Tidak hanya mengangkat motif Pring Sedapur saja, Magetan juga mengusung motif-motif lain seperti motif Cucak Rowo, Pring Temu Rose dan Parang.

Tidak Hanya Batik Pring,Magetan juga mempunyai Batik Ciprat,dimana Batik ini adalah karya para Penyandang Disabilitas di Desa Gebyok,Kecamatan Karangrejo yang mana Batik ini juga tidak kalah banyak peminat.Motif Ciprat ini di pilih karena tergolong mudah. Adapun motif ciprat ini adalah dominan titik titik,Semburan seperti percikan air.

Selain Batik Pring dan Batik Ciprat yang tidak kalah menarik adalah Batik Ecoprint,meskipun di beberapa Daerah juga sudah memproduksi batik ini,magetan juga memproduksi Batik Ecoprint,yang mana proses pembuatan Batik ini Ramah Lingkungan karena tidak menggunakan bahan bahan kimia.

Motifnya juga tampak natural. Misalnya motif daun jati berbagai ukuran. Pembuatannya juga menggunakan daun jati. Daun jati muda diletakkan di atas kain. Bagian kain lain dilipat hingga menutupinya. Daun lantas ditumbuk secara perlahan hinga mengeluarkan getah.

Itulah beberapa Informasi seputar Batik di Kabupaten Magetan, Untuk anda yang dari Luar kota belumlah lengkap berwisata ke Magetan kalau tidak membawa oleh oleh yaitu Batik Khas Magetan ini.

Bagaskarafmagetan

 49 total views,  1 views today

Grand Final Duta Wisata Bagus Dyah Kab.Magetan 2019