Pilih Laman

Astana – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah disodori beberapa alternatif pengembangan kendaraan yang bisa menekan konsumsi BBM.

Setidaknya ada empat jenis kendaraan yang akan dikembangkan, antara lain mobil listrik, diesel, biofuel, dan hybrid namun Presiden SBY akhirnya lebih memilih mobil hybrid. Kenapa?

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan hasil diskusinya dengan Presiden SBY beberapa waktu lalu, kedepannya Indonesia akan terus menerus mengalami penurunan produksi minyak, padahal kebutuhan BBM meningkat karena mobil, otomotif, motor itu meningkat sesuai dengan kemajuan ekonomi Indonesia. Untuk itu diperlukan suatu teknologi yang bisa hemat energi, ramah lingkungan, dan bisa mengurangi emisi karbon.

“Maka percakapan kita adalah kriteria adalah mencari mobil yang hybrid, dua mobil elektrik dan ketiga adalah advance diesel dan keempat adalah biofuel. Dari keempat itu yang memenuhi kriteria maka saya akan mulai dengan hybrid. Karena sudah diproduksi oleh Toyota terlebih dahulu,” jelas Hidayat dalam perbincangan dengan detikFinance di Radisson Hotel, Astana, Kazakhstan, Rabu (25/5/2012)

Hidayat menegaskan akan membuka kesempatan kepada seluruh prinsipal mobil untuk bisa mengembangkan mobil hybrid di Indonesia. Ia pun membantah pengembangan mobil hybrid hanya ditujukan untuk Toyota saja.

“Maka presiden langsung melakukan test fisik tiga minggu lalu di Istana Merdeka. Tapi tidak berarti nanti hanya Toyota saja, tapi siapa saja yang bisa menghasilkan teknologi yang sama,” katanya.

Menurutnya pengembangan mobil hybrid tidak akan bertabrakan dengan rencana pengembangan mobil listrik yang digagas Menteri BUMN Dahlan Iskan. Ia berharap semua bisa berjalan, termasuk mobil hybrid dan mobil yang semuanya memakai tenaga listrik juga bisa.

“Tapi mobil listrik itu ada kendala sebenarnya. Baru dilakukan di AS dan RRC dan belum secara massal baru beberapa ribu saja dan membutuhkan persiapan matang untuk infrastrukturnya. Di mana contohnya seperti kebutuhan untuk charger-nya, kan ini memang tidak berjarak jauh tapi harus ada tempat charge sendiri,” katanya.

Anda memiliki foto-foto seputar dunia otomotif dan foto di jalanan yang menarik dan lucu? Kirim ke sini

( dru / ddn )
Redaksi: redaksi

Mobil Terdahsyat Sepanjang Masa
Harley Owners Group Tebarkan Virus Safety Riding