Pilih Laman

CALIFORNIA – Pesawat luar angkasa Cassini milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) baru-baru ini menemukan bongkahan es di bulan milik Saturnus, Titan. Titan diketahui memiliki danau dan laut yang diisi oleh material dari es.

Dilansir MSN, Selasa (15/1/2013), studi terbaru mengungkap, sekumpulan es hidrokarbon mengapung di atas danau dan lautan besar yang ada di Titan. Titan merupakan bulan yang mengorbit Saturnus.

Kehadiran lempengan es di lautan yang mengandung etana dan metana menjadi perhatian para ilmuwan sebagai target penelitian astrobiologis. “Salah satu pertanyaan yang paling menarik tentang danau dan laut adalah apakah mereka mungkin menjadi tuan rumah dari bentuk kehidupan yang eksotis,” tutur peneliti Jonathan Lunine dari Cornell University.

Ia mengatakan, pembentukan es hidrokarbon yang mengambang ini akan memberikan kesempatan ilmuwan di bidang studi kimia. Mereka bisa meneliti terkait unsur cair dan padat di bulan Saturnus tersebut.

Titan merupakan bulan paling besar milik Saturnus. Bulan ini memiliki diameter 3.200 mil. Ilmuwan mengatakan, siklus cuaca Bumi berdasarkan pada air, sementara Titan melibatkan hidrokarbon dengan zat etana dan metana cair, yang jatuh sebagai hujan dan mampu menciptakan danau besar.

NASA Cassini telah melihat jaringan besar dari laut di belahan utara Titan. Armada luar angkasa milik badan antariksa Amerika Serikat ini juga menemukan jaringan yang sama di belahan selatan Titan.

Okezone

Otak Dinosaurus Jenis Ampelosaurus hanya Sebesar Bola Tenis
Tablet Juga Bakal Pakai Layar Tekuk