Pilih Laman

Magetan-CBS.” Hari Jadi ke 342 Kabupaten Magetan tahun ini sangat terasa gaungnya,” begitulah kutipan Sekretaris Daerah ( Sekda) Kabupaten Magetan, Dr.Drs.H.Bambang Trianto, MM dihadapan ratusan PNS di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Magetan dalam apel pagi Senin, 9 Oktober 2017 lalu.

Sebagai informasi, dalam rangka jadi ke 342 Kabupaten Magetan, Pemkab melibatkan seluruh komponen di kabupaten Magetan dalam memperingati HUT Magetan, hal itu mempertegas pernyataan Bupati Magetan, Dr.Drs.H.Sumantri, MM, yang disampaikan dihadapan tokoh agama, tokoh masyarakat dan pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Magetan, pada malam tirakatan di Pendopo Surya Graha satu hari menjelang Hari Jadi ke 342 Kabupaten Magetan. Bahwa, dengan kebersamaan akan menghasilkan persatuan. Dari persatuan akan muncul kekuatan, dengan kekuatan itulah akan menjelma buah karya yang gaungnya bisa dirasakan di seluruh pelosok nusantara.

Berbagai kebijakan dan inovasi Pemkab Magetan untuk menuju “Ngumandhangnya” Magetan terus dilaksanakan, salah satunya penggunaan pakaian batik Pring Sedhapur  yang menjadi ciri khas Magetan bagi PNS selama dua pekan mulai tanggal 2-13 Oktober. Hal ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk menambah semarak dan kekhasan kabupaten Magetan di hari jadinya. Serta untuk meningkatkan penghasilan perajin Batik. Karena kebijakan penggunaan batik tersebut juga mendongkrak penjualan batik Pring Sedhapur di sentra industri batik Sidomukti, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan.

Berbagai agenda Pemkab Magetan untuk memeriahkan HUT Magetan, seperti festival kelinci tingkat Nasional, pemecahan Rekor MURI untuk penyajian Rica-rica Kelinci terbanyak sejumlah 3420 porsi yang berbahan dasar daging kelinci,  Ziarah Makam Leluhur, Napak Tilas Ngunut-Parang-Magetan (NGUPATAN), Kirab Nayoko Projo, Acara Ngopi Bareng bersama Gus Ipul ( Wagub Jawa Timur), even Pesona Tlatah Jawa Timuran yang melibatkan pelaku UMKM di Kabupaten Magetan, Pekan Pasar Rakyat Magetan (PPRM), pagelaran seni budaya ketoprak dan Pagelaran wayang kulit serta karnaval mobil hias.

Dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi, Bupati Magetan Sumantri, menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tertinggi bagi seluruh jajaran baik lingkup Pemkab Magetan, anggota DPRD, FORKOPIMDA, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta seluruh pihak yang terlah berpartisipasi untuk mendukung suksesnya acara Hari Jadi ke 342 Kabupaten Magetan.
Semangat dan tekad bersama untuk menjadikan Magetan Kumandhang, akan menjadi modal bagi Pemkab Magetan untuk menyatukan cipta, rasa karsa dan karya untuk mengatasi persoalan dan tantangan ke depan. Bersama-sama sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing,  sehingga nantinya Magetan yang kita cintai akan menjelma menjadi Magetan yang “ Gemah Ripah Loh Jinawi, Toto Tentrem Kerto Raharjo” yang pada akhirnya kita bangga menjadi orang Magetan karena “Magetan Kumandhang”.

Anton Suroso – Bagaskarafm Magetan

 

Wabup Magetan, Samsi Menerima Penghargaan WTP dari Gubernur Jawa Timur. Bukti LKDP Bersih, Pemkab Boyong WTP dari BPK Jatim
Saber Pungli Pelototi Komite Sekolah.