Pilih Laman

Magetan,CBS
Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan bakal melakukan gerakan 115 (dibaca satu satu lima.red), untuk memberantas Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Magetan. Gerakan 115 yang berarti, temuan satu suspect TBC akan dilakukan pemeriksaan kepada 15 warga sekitar penderita.

” Gerakan 115 akan kita lakukan mulai April mendatang,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan, Furiana Kartini melalui Slamet, Kasi Pencegahan, Pengendalian dan Penyakit Menular ( P2PM) Dinkes Magetan, Senin (27/3).

Dijelaskan Slamet, selain menggelar gerakan 115, Dinkes Kabupaten Magetan juga melantik kader TBC yang tersebar di 235 desa/kelurahan se-Kabupaten Magetan. ” Jejaring deteksi dini TBC akan terus kita kembangkan, tahun ini kita bentuk kader TBC dua warga tiap desa tersebar seluruh desa se-Kabupaten Magetan. Dilanjutkan pelatihan tenaga medis dan dokter praktek swasta (DPS),” jelasnya.

Kabar baiknya, penderita TBC dapat disembuhkan oleh tenaga medis di Kabupaten Magetan. Program Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) telah diterapkan Dinkes Magetan.” Penderita TBC sudah dapat disembuhkan, jadi jangan kuatir bagi penderita TBC, ” tegas Slamet.

Sebagai informasi, jumlah temuan penderita TBC di Kabupaten Magetan terus bertambah. Tahun 2015 sebanyak 579 penderita, 2016 sebanyak 666 penderita dan tahun 2017 sebanyak 730 penderita.

Norik – Bagaskarafm Magetan

Sidik Jari Rusak, Mayat Pendaki Sulit Dikenali.
Disperindag Dorong PKL Alun-Alun Segera Tempati Kios