Pilih Laman

Jakarta – Bila punya uang, apa saja bisa dilakukan. Seperti halnya warga Timur Tengah yang rela membayar dua kali lipat dari supercar Pagani Huayra agar menjadi pemilik pertama mobil ini di dunia.

Harga Pagani Huayra yang dibanderol Rp 10,8 miliar berani dibayar dua kali lipatnya, yakni lebih dari Rp 21 miliar untuk memuaskan ambisinya itu seperti dilansir evo, Jumat (13/4/2012).

Ceritanya, Pagani mengikuti pameran Geneva Motor Show bulan lalu dimana stand mereka yang berisi Pagani Huayra berwarna putih disukai oleh seorang yang berasal dari Timur Tengah.

Sayangnya, untuk memiliki mobil tersebut dia harus inden untuk waktu yang cukup lama. Bahkan ada seorang sebuah media Inggris, Evo, belum mendapatkan barang pesanannya setelah setahun memesan.

Usut punya usut, sejak diluncurkan awal tahun lalu ternyata memang belum ada satu pun Pagani Huayra yang dikirim ke pemesannya karena detail tiap mobil yang memang sulit.

Karena itulah, warga Timur Tengah itu memutar otak agar dia tidak perlu menunggu antrian terlalu lama dan segera mendapatkan mobil impiannya itu.

Dan agar menjadi orang pertama yang memilikinya, dia berani membayar 1,8 juta euro atau lebih dari Rp 21 miliar untuk mendapatkan mobil tersebut. Padahal harga dasar mobil ini hanyalah 900 ribu euro atau Rp 10,8 miliar saja.

Pagani pun setuju. Dan setelah pameran ditutup, mobil tersebut langsung menuju rumah barunya di Timur Tengah.

Mobil yang memiliki arti ‘dewa angin’ ini sendiri disesaki oleh sebonggol mesin AMG Mercedes V12 6.0 liter bi-turbo yang tersimpan di tubuhnya, Pagani Huayra sanggup menyemburkan tenaga hingga 700 bhp dengan torsi hingga 900 Nm.

Bila masih kurang, Pagani juga menyiapkan versi sport dari Huayra yang memiliki tenaga sedikit lebih besar yakni 730 bhp dengan torsi sangat melimpah, 1.100 Nm.

Dari mesin tersebut, Pagani percaya Huayra mampu melaju hingga 370 km perjam dan berakselerasi dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu 3,3 detik saja. Kemampuan berakselerasi cepat itu banyak dibantu oleh desain tubuh yang aerodinamis.

Bahan karbon fiber yang ringan namun kuat pun juga turut membantu Pagani Huayra berlari kencang. Pagani mengklaim, Huayra dibuat hampir seperti sayap pesawat dimana bentuk tubuhnya dirancang untuk memotong angin dan memanfaatkannya menjadi tenaga dorong.

Di bagian interior, kabin Huayra dibuat lebih lapang dengan tambahan layar sentuh sat-nav dan Bluetooth.

Pagani Huayra

Mesin : V12, 5980cc, bensin
Output : 700 bhp pada 6300rpm dan torsi hingga 900 Nm di 2500-4250rpm / 730 bhp dan 1.100 Nm
Gearbox: manual otomatis 7-speed
Rem: 380mm cakram karbon-keramik
Dimensi (PxLxT) : 4605x2036x1169 mm
Akselerasi : 100 km perjam dalam waktu 3,3 detik

Anda memiliki foto-foto seputar dunia otomotif dan foto di jalanan yang menarik dan lucu? Kirim ke sini

( ikh / ddn )
Redaksi: redaksi

Kunci Kopling Pengaman Avanza dari Maling
JK: Banyak Orang Kaya Punya Mobil Kecil