Pilih Laman

SERPONG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berencana membangun bandar antariksa di Morotai, Maluku Utara. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2025.

Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, mengatakan, dalam membangun bandar antariksa itu, Lapan akan bekerjasama dengan beberapa negara, diantaranya Korea Selatan.

Bambang mengatakan bahwa pihaknya  akan menawarkan kerjasama ke Korea Selatan.Ia juga akan menawarkan ke negara-negara yang belum punya bandar antariksa sendiri.

Mengungkapkan kerjasama yang akan dilakukan, bandar antariksa akan dibangun dengan dukungan dana dari masing-masing pihak. Hak dan kewajiban masing-masing pihak akan diatur lewat perjanjian.

Pihak Korea Selatan yang akan diajak kerjasama misalnya, nantinya bisa menyimpan barang terkait misi antariksa di bandar antariksa Indonesia.Bambang mengatakan bahwa Kalau bandar antariksanya nanti akan dikelola Indonesia.

Saat ini, negara yang telah memiliki bandar antariksa antara lain Australia (2 buah), Amerika Serikat (2 buah), Jepang (1 buah), India (1 buah) dan beberapa di China.

Bambang mengatakan, adanya bandar antariksa di Indonesia akan membawa beberapa keuntungan. “Kita bisa luncurkan satelit sendiri. Fasilitasnya kita pakai sendiri. Orang yang kerja adalah orang Indonesia. Ini akan membuka kesempatan bagi orang Indonesia untuk lebih pintar,” jelas Bambang.

 

      Kompas.com

 

Arkeolog Temukan Tempat Pengeringan Gandum Zaman Perunggu
Teka-teki Planet Kerdil Makemake Terkuak