Pilih Laman

Magetan,CBS Kabar beredarnya kembali obat Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) paska dicabut izin edarnya oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sejak 2013 lalu, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) meningkatkan kewaspadaan peredaran obat diwilayah Kabupaten Magetan.

Dinkes mewanti – wanti pengelola apotik di Kabupaten Magetan tidak menerima obat yang dinilai berbahaya dikonsumsi masyarakat. ” Jangan sampai tergiur untung besar yang dikatakan sales – sales tidak jelas,” kata Sugeng Enbruari, Kasi Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Magetan, Rabu ( 8/11).

Selain melarang pemilik apotik menerima obat tidak jelas, Sugeng berharap pengelola apotik menolak sales yang merayu agar bersedia memperjualbelikan jamu yang tidak memiliki izin edar di apotik. ” Kita juga waspadai peredaran jamu ilegal, kami berharap pemilik apotik selektif terkait kasus ini,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi peredaraan obat berbahaya di Kabupaten Magetan, Dinas Kesehatan mengumpulkan  sedikitnya 200 orang yang merupakan pelaku usaha apotik di Kabupaten Magetan, Rabu (8/11).
Kepala Bidang SDK Dinkes Kabupaten Magetan, Heru Widhiatmoko, berharap seluruh apotik di Kabupaten Magetan secara tegas menolak tawaran menjual obat  yang tidak memiliki izin edar di Indonesia. ” Harapan kita semua, penyediaan obat di apotik  yang rasional sesuai dengan fungsinya, termasuk menyertakan resep dokter jika berbahaya dikosumsi,” ujarnya kepada Radio Bagaskara.

Disisi lain, pengamanan Makanan Minuman (Mamin) dan Farmasi adalah amanah Instruksi Presiden ( Inpres) nomor 3 tahun 2012.” Pengamaman Mamin dan Farmasi adalah amanah Presiden melalui Inpres nomor 3 tahun 2012,” tegas Heru Widhiatmoko.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan memastikan Kabupaten Magetan bebas dari peredaran obat PCC, sesuai hasil Inspeksi mendadak ( Sidak) dan evaluasi bersama aparat hukum di Kabupaten Magetan.  ” Magetan tidak ditemukan PCC ketika kami menggelar Sidak bersama Polres Magetan,” pungkas Kabid SDK Dinkes Magetan.

Anton Suroso – Bagaskarafm Magetan

Musim Tanam November, Stok Pupuk Aman
Kementrian Pariwisata Motori Gerakan Sadar Wisata di Magetan.